Pengurus Kampung Siaga Bencana Desa Sumberarum Dikukuhkan

Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial atas nama Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sleman pada hari kamis 19 April 2018 telah mengukuhkan pengurus Kampung Siaga Bencana (KSB) Desa Sumberarum di Lapangan Desa Sumberarum, Kecamatan Moyudan. Pengukuhan di awali dengan simulasi penanganan bencana angin puting beliung dan gempa bumi oleh para peserta pelatihan.

“Para peserta pelatihan yang dibimbing langsung oleh Taruna Siaga Bencana (TAGANA) Kabupaten Sleman harus bisa mempraktekkan ilmu yang didapat selama  2 hari tentang apa itu KSB dan ketugasan dalam kepengurusan dan divisi dalam Kampung Siaga Bencana,” ujar Budi Winarno Kasi Bantuan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Kabupaten Sleman. ”Tujuan dari simulasi yang dilakukan oleh tim Kampung Siaga Bencana dan masyarakat serta pihak terkait uintuk menguji atau mempraktekkan ketrampilan dan pengetahuan tentang penanggulangan bencana,” imbuh Budi.

Dinas Sosial Daerah Istimewa Yogyakarta yang di wakili oleh Dhony Kristanto, Ketua FK Tagana DIY sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan Dinas Sosial Sleman dalam hal mengedukasi masyarakat dalam mitigasi bencana, melalui serangkaian upaya untuk mengurangi resiko bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana. “Baru kali KSB sangat lengkap dalam kepengurusannya dan yang sangat membanggakan adalah Sleman sudah merangkul SAHABAT TAGANA baik itu Difagana (Difabel Tanggap Bencana) maupun Kartagana (Karang Taruna Tanggap Bencana),“ kata Doni.

Dalam sambutan dan sekaligus menutup acara, Camat Kecamatan Moyudan, Drs. Sarjono, M.Si. menyampaikan ucapan terimakasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam kegiatan pembentukan Kampung Siaga Bencana di Desa Sumberarum.  “Penanggulangan bencana adalah tanggung jawab kita semua,” ujar Sarjono. “Untuk peningkatan kapasitas para pengurus KSB dipersilahkan Kepala Desa Sumberarum untuk mengusulkan ke anggaran PUPM dan dimasukkan ke anggaran rutin APBDes,“ tambah Sarjono. Acara dilanjutkan dengan makan siang bersama seluruh peserta dengan menikmati hasil masakan para peserta pelatihan Kampung Siaga Bencana.

SEMANGAT PAGI!!!!.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Dinas Sosial

Dinas Sosial

Artikel ini dibuat oleh segenap karyawan dinas sosial

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

unnamed

INSPIRASI.

media untuk mendapatkan ilham, ide, atau gagasan yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan.
1
Haloo 👋🏻👋🏻👋🏻
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by