Kader Pendamping ODGJ Terbentuk di Moyudan

Panti Sosial Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Mental (PSRSPDM) Margo Laras, Pati, Jawa Tengah membentuk 30 orang Kader Pendamping Orang Dengan Gangguan Jiwa (OGDJ) eks Psikotik di Kecamatan Moyudan. Panti yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) dibawah Kementerian Sosial ini melakukan Pembentukan Kader Pendamping ODGJ sebagai program layanan luar panti, ditandai dengan Sosialisasi dan Bimbingan Teknis pada 17-19 April 2018, di Pendopo Kecamatan Moyudan.

Pada hari terakhir juga diberikan bantuan kepada 65 ODGJ dan keluarganya, dengan nilai bantuan sebesar Rp. 1 juta/orang. Bantuan ditujukan untuk modal usaha bagi ODGJ Eks Psikotik dengan didampingi oleh kader yang telah dibentuk, setiap kader akan mendampingi 2-3 ODGJ. Penyaluran bantuan dilakukan melalui rekening bank yang dibuatkan khusus untuk penerimaan bantuan ini.

Wahyu Lestariningsih, TKSK Kecamatan Moyudan menjelaskan bahwa 65 ODGJ eks-Psikotik tersebut berasal dari 4 desa di Kecamatan Moyudan. Harapannya dengan bantuan tersebut, para Eks Psikotik tersebut dapat memiliki kegiatan positif yang dapat menghasilkan secara ekonomi sehingga meningkatkan pendapatan. “Nantinya akan dilakukan monitoring dan evaluasi per bulan dalam jangka waktu selama 5 bulan,” jelasnya.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Dinas Sosial

Dinas Sosial

Artikel ini dibuat oleh segenap karyawan dinas sosial

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

unnamed

INSPIRASI.

media untuk mendapatkan ilham, ide, atau gagasan yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan.