Satu Data Kabupaten Sleman

Demi terciptanya sistem tata kelola data yang berkualitas dan mudah diakses, Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman mengelar Bimtek Satu Data Indonesia (SDI) di Aula Lantai 3 Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman, Jumat (18/6/2021).

Acara diikuti oleh perwakilan dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kapanewon, dan Kalurahan se-Kabupaten Sleman.

Bimtek tersebut menghadirkan narasumber Kepala Sub Bidang Analisa dan Data Pembangunan Bappeda Sleman, Iskandar Widagdo yang memaparkan Perbup No 20.6 Tahun 2021 tentang Satu Data Kabupaten Sleman, dan Kepala BPS Kabupaten Sleman, Didik Koesbianto yang memberikan pembahasan mengenai Standar Data dan Metadata.

Iskandar pada kesempatan tersebut menggarisbawahi mengenai pentingnya pengelolaan data oleh OPD. “Kita sebagai organisasi pemerintahan pastinya output yang dikeluarkan adalah data, sehingga perlunya tata kelola yang baik dan mudah diakses,” jelas Iskandar.

Iskandar berharap agar Sistem Satu Data ini dapat segera terlaksana di Kabupaten Sleman dan mengajak OPD di Kabupaten Sleman untuk terlibat dan berkontribusi dalam terselenggaranya Satu Data.

Sementara itu, Didik Koesbianto, Kepala BPS Sleman menyampaikan bahwa tujuan Satu Data ini agar memudahkan pengumpulan, berbagi pakai, dan pengintegrasian data.

“Satu Data ini berarti nantinya informasi data mudah diakses oleh siapa saja, baik dari pemerintahan, ilmuan, dan kepentingan akademis dapat menggunakan data tersebut. Tentunya tidak semua data akan diberikan, ada beberapa data rahasia seperti data individu memerlukan izin khusus,” tambah Didik.

Satu Data di Kabupaten Sleman sendiri nantinya akan diselenggarakan oleh Forum Satu Data yang akan dikoordinasi oleh Bappeda Sleman. Sementara itu, Badan Pusat Statistik akan bertindak sebagai Pembina Data, Wali Data Utama adalah Dinas Kominfo Sleman, dan Wali Data Pendukung berasal dari Unit Kerja Pengelola di masing-masing OPD. (Rep Satyo)

sumber: https://kominfo.slemankab.go.id/sistem-satu-data-untuk-kemudahan-pengelolaan-data/

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Dinas Sosial

Dinas Sosial

Artikel ini dibuat oleh segenap karyawan dinas sosial

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

unnamed

INSPIRASI.

media untuk mendapatkan ilham, ide, atau gagasan yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan.