Dinsos Sleman Selenggarakan Bimtek SIM Penyandang Disabilitas

Pada hari Kamis tanggal 7 November 2019, Dinas Sosial Kabupaten Sleman menyelenggarakan Bimbingan Teknis bagi 103 petugas pendata penyandang disabilitas se Kabupaten Sleman. Jumlah tersebut terdiri dari perwakilan 86 desa dan 17 kecamatan di wilayah Kabupaten Sleman.
Dalam bimtek tersebut, petugas pendata diberikan informasi berkenaan dengan adanya sistem informasi penyandang disabilitas (SIM PD) yang berasal dari Kementerian Sosial RI. Narasumber bimtek adalah Sigit Indarto, SE, M.Si selaku Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial dan Sarastomo Ari Saptoto, S.Sos, MAP, M.Agr.Sc selaku Kepala Seksi Data Kesejahteraan Sosial.
Narasumber pertama menyampaikan berkenaan dengan kebijakan Dinas Sosial Kabupaten Sleman dalam pemanfaatan data penyandang disabilitas sebagai data basis perencanaan program dan kegiatan, tidak hanya bagi interen Dinas Sosial saja, namun juga program dan kegiatan bagi instansi dan lembaga lainnya, baik itu dilingkungan Pemda Sleman maupun lainnya. Sehingga keakuratan data basis penyandang disabilitas Kabupaten Sleman yang diperkirakan berjumlah antara 9.000 sampai dengan 10.000 jiwa ini dapat dipenuhi.
Pada kesempatan tersebut, narasumber kedua menyampaikan materi berkenaan dengan teknis pendataan penyandang disabilitas dengan memanfaatkan SIM PD tersebut. Para pendata akan mendata para penyandang disabilitas di masing-masing desa dengan membawa daftar nama penyandang disabilitas dan form pendataan yang harus diisi oleh petugas dengan lengkap sesuai dengan kondisi keluarga dan penyandang disabilitas terebut. Selain itu, pendata juga harus menfoto penyandang disabilitas terlihat keseluruhan badan.
Data dan foto tersebut kemudian akan dientri dalam SIM PD yang akan dilakukan oleh Pendamping Penyandang Disabilitas (PPD) dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Penyandang Disabilitas (TKS PD).
Diharapkan dengan adanya kegiatan pendataan penyandang disabilitas secara keseluruhan tersebut, maka penyandang disabilitas di wilayah Kabupaten Sleman tanpa terkecuali dapat masuk dalam basis data SIM PD Kementerian Sosial RI.
Bagi warga masyarakat yang memiliki anggota keluarga atau tetangga atau saudara atau tahu keberadaan penyandang disabilitas diwilayahnya dapat melaporkan kepada petugas pendata di desa masing-masing, agar dapat didata oleh petugas. Pendataan dimulai dari bulan November 2019 ini sampai dengan pertengahan bulan Desember 2019.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Dinas Sosial

Dinas Sosial

Artikel ini dibuat oleh segenap karyawan dinas sosial

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

unnamed

INSPIRASI.

media untuk mendapatkan ilham, ide, atau gagasan yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan.