Lima Desa di Kabupaten Sleman Mendapatkan Sosialisasi Puskesos

Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos) merupakan pusat layanan sosial yang berada di wilayah desa atau kelurahan. Keberadaan Puskesos di sebuah desa merupakan kebutuhan bagi masyarakat desa apabila akan menyampaikan laporan, aduan dan keluhan berkenaan dengan permasalahan sosial tidak perlu bingung dan menempuh jarak yang cukup jauh ke kabupaten. Secara substansial, Puskesos adalah sebuah tempat atau wahana dimana disana dapat dipertemukannya antara permasalahan sosial warga dengan solusi yang ada. Sehingga apabila permasalahan warga sudah dapat diberikan solusi oleh desa maka tidak perlu sampai ke tingkat kabupaten lagi.
Sejak tanggal 25 Oktober 2019 sampai dengan 31 Oktober 2019, Dinas Sosial Kabupaten Sleman melaksanakan sosialisasi Puskesos di lima desa, yaitu Desa Sidokarto Godean, Desa Girikerto Turi, Desa Tridadi Sleman, Desa Madurejo Prambanan dan Desa Sindumartani Ngemplak.
Sebagai narasumber kegiatan sosialisasi adalah para pelaksana Puskesos yang sudah ada di tiga desa, yaitu Drs. Banawa dari Puskesos Rajin Desa Caturharjo Sleman, Maimunah dari Puskesos Kibar Desa Tamanmartani Kalasan dan Siwi Yuliati, SE dari Puskesos Senyum Desa Sumberrejo Tempel.
Kegiatan sosialisasi ini sangat didukung oleh pemerintah desa. Seperti yang disampaikan Lurah Desa Sidokarto dalam sambutannya, dikatakan bahwa “Puskesos ini sangat bermanfaat bagi warga miskin dan tidak mampu apabila membutuhkan layanan sosial di desa”, sehingga kegiatan sosialisasi Puskesos yang menyasar peserta dari unsur pemerintah desa, PKK, Kader Kesehatan Jiwa, Karang Taruna, Pendamping PKH, TKSK, dukuh, TPK desa, PSM, dan kader sosial lainnya di wilayah desa sangatlah diperlukan agar warga dan para pemangku kepentingan di desa memahami maksud, tujuan dan manfaat adanya Puskesos di desa.
Diharapkan setelah adanya sosialisasi Puskesos ini, kelima desa sasaran tersebut dapat segera menumbuhkan Puskesos di wilayah desa masing-masing dan dapat segera mengaktifkan kegiatannya.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Dinas Sosial

Dinas Sosial

Artikel ini dibuat oleh segenap karyawan dinas sosial

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

unnamed

INSPIRASI.

media untuk mendapatkan ilham, ide, atau gagasan yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan.
Open chat
1
Haloo 👋🏻👋🏻👋🏻
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by