Kampung Siaga Bencana (KSB) Membantu Dua Korban Kebakaran di Kabupaten Sleman

Kejadian bencana kebakaran rumah dan lahan di wilayah Kabupaten Sleman selama tahun 2019 sudah terjadi di beberapa lokasi. Penyebab terjadinya kebakaran tersebut ada beberapa, seperti korsleting listrik, lupa mematikan kompor, membakar sampah yang tidak diawasi, dan lainnya. Bencana kebakaran yang terakhir terjadi di wilayah Kabupaten Sleman adalah kebakaran rumah di dua lokasi, yaitu di Dusun Beluran, Sidomoyo, Godean dan Dusun Tengahan, Sendangagung, Minggir.
Rumah korban bencana kebakaran tersebut mengalami kerusakan dapur dan rumah yang dihuni. Sebagai upaya membantu meringankan beban korban bencana kebakaran tersebut , maka pengurus Kampung Siaga Bencana (KSB) di wilayah terdekat dengan lokasi kebakaran yaitu KSB Sidomulyo Godean dan KSB Sendangagung Minggir membantu memberikan bantuan logistik bencana pangan dan non pangan, seperti beras, gula pasir, minyak goreng, mie instan, terpal, sandang, alat dapur dan lainnya.
Kampung Siaga Bencana atau KSB merupakan sebuah lembaga yang dibentuk di desa sebagai wahana partisipasi masyarakat dalam membantu penanggulangan bencana di wilayah sekitarnya. Dalam sebuah KSB terdapat lumbung sosial yang difungsikan sebagai tempat menyimpan logistik bantuan penanggulangan bencana yang dapat terdiri dari bantuan pangan, sandang dan non pangan seperti alat dapur.
Di Kabupaten Sleman telah terbentuk 14 KSB di 14 desa pad 13 kecamatan. Disamping itu, sebagai wahana koordinasi dan komunikasi diantara KSB, di Kabupaten Sleman juga sudah dibentuk Forum Komunikasi KSB dan sudah dikukuhkan oleh Bupati Sleman tahun 2019 ini.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Dinas Sosial

Dinas Sosial

Artikel ini dibuat oleh segenap karyawan dinas sosial

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

unnamed

INSPIRASI.

media untuk mendapatkan ilham, ide, atau gagasan yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan.
Open chat
1
Haloo 👋🏻👋🏻👋🏻
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by