Sosialisasi Peraturan Bupati tentang Jaring Pengaman Sosial bagi Kader PPKBD

Bertempat di Aula Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman pada hari Senin 17 Juni 2019 telah di adakan Sosialisasi Peraturan Bupati tentang Jaring Pengaman Sosial (JPS) bagi 86 Kader PPKBD se Kabupaten Sleman. Kegiatan ini adalah yang ke dua kalinya di adakan setelah sosialisasi yang sama dengan sasaran berbeda bagi seluruh Organisasi Perangkat Daerah seluruh Kabupaten Sleman yang di adakan di lantai 3 Sekretariat Daerah Kabupaten Sleman.  

Tujuan dari sosialisasi ini adalah agar masyarakat miskin dan rentan, perempuan dan anak korban KDRT, keterlantaran, lanjut usia terlantar, disabilitas, psikotik,  korban bencana, korban benturan sosial serta peserta KB mendapatkan layanan JPS di Kab Sleman, secara menyeluruh dan berkelanjutan.

Dalam sambutannya dr. Marfilindati Nuraini, M.Kes Kepala Dinas P3AP2KB Kabupaten Sleman mengapresiasi peran kader Pembantu Pembina KB Desa (PPKBD) selaku ujung tombak yang berperan aktif sebagai fasilitator dan penggerak KB di desa/kelurahan. “Semua informasi yang diperoleh hendaknya di getok tularkan kepada masyarakat,” kata dr. Linda

Dalam paparan Sosialisasi Peraturan Bupati tentang JPS, Sigit Indarto, SE, Msi selaku Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Sleman menyampaikan bahwa Pemerintah Kabupaten Sleman dengan adanya Peraturan Bupati tentang JPS ini adalah bertujuan memperluas cakupan pemberian layanan atau program perlindungan sosial kepada masyarakat miskin dan rentan, perempuan dan anak korban kekerasan, keterlantaran, lanjut usia terlantar, disabilitas, psikotik,  korban bencana, korban benturan sosial serta peserta keluarga berencana.

“JPS adalah bantuan sosial yang tidak terencana berupa uang yang diberikan kepada penduduk Kabupaten Sleman dan/ atau bukan penduduk kabupaten Sleman yang pemberiannya sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan,” jelas Sigit.

Sigit menambahkan “Pemerintah Daerah memberikan JPS kepada orang pribadi atau keluarga dan/atau institusi yang memenuhi kriteria penerima JPS dengan besaran bantuan yang sudah ditentukan, pada bidang kesehatan, bidang pendidikan serta bidang sosial,”.

Untuk lebih jelasnya mengakses JPS, masyarakat bisa datang langsung ke Pelayanan SLRT di Dinas Sosial atau menghubungi Hot Line servis Dinas Sosial dengan nomor HP 089501130696.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Dinas Sosial

Dinas Sosial

Artikel ini dibuat oleh segenap karyawan dinas sosial

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

unnamed

INSPIRASI.

media untuk mendapatkan ilham, ide, atau gagasan yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan.