Sleman Lakukan Updating Data PMKS

Data Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) merupakan data yang dinamis, dimana perubahan selalu saja terjadi setiap tahunnya. Oleh sebab itu, Dinas Sosial Kabupaten Sleman setiap tahunnya selalu melaksanakan pemutakhiran data PMKS tersebut.

Sebagai upaya memberikan hasil yang terbaik dalam pemutakhiran data, diperlukan petugas data yang kompeten. Oleh karena itu Dinas Sosial Kabupaten Sleman memberikan bimbingan teknis kepada petugas pemutakhiran data dari 86 desa dan 17 orang Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) sebagai koordinator diwilayah kecamatan pada hari Rabu tanggal 27 Maret 2019 di Aula Nakula Dinas Sosial Kabupaten Sleman dengan narasumber Sigit Indarto, SE, M.Si. dan Sarastomo Ari Saptoto, S.Sos, MAP, M.Agr.Sc.

“Updating data PMKS ini diharapkan dapat menghasilkan data yang valid yang dapat menjadi dasar dalam perencanaan dan intervensi program kegiatan pemerintah, khususnya dalam rangka membantu penurunan tingkat kemiskinan dan warga yang masuk PMKS. Data PMKS ini, selain dimanfaatkan oleh Dinas Sosial juga banyak dimanfaatkan oleh instansi lainnya, seperti Dinas Dukcapil, Dinas Kesehatan, Dinas P3AP2KB dan instansi dilingkungan pemerintah propinsi lainnya”, kata Sigit Indarto, SE, M.Si dalam materinya tetntang kebijakan dan pemanfaatan data PMKS. Selain materi tentang kebijakan, disampaikan juga materi teknis pemutakhiran.

“Updating data PMKS tahun 2019 ini akan memutakhirkan sebanyak 25 jenis PMKS, dimana 15 jenis PMKS akan dimutakhirkan secara langsung oleh petugas pendata desa dan 10 jenis lainnya akan dikoordinasikan melalui lembaga pengampu data, seperti BAPAS dan lainnya”, ujar Sarastomo Ari Saptoto, S.Sos, MAP, M.Agr.Sc dalam materinya.

Selain melibatkan petugas desa, pemutakhiran ini juga melibatkan TKSK di 17 kecamatan se Kabupaten Sleman. Ketugasan TKSK adalah memonitoring dan mendampingi pelaksanaan pemutakhiran data PMKS diwilayah kecamatan masing-masing.

Diharapkan pemutakhiran data yang dilaksanakan pada rentang tanggal 1 April 2019 sampai dengan tanggal 30 Mei 2019 dapat memotret kondisi terbaru masyarakat Kabupaten Sleman yang masuk kriteria sebagai penyandang masalah kesejahteraan sosial dan dapat meminimalisir error data.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Dinas Sosial

Dinas Sosial

Artikel ini dibuat oleh segenap karyawan dinas sosial

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

unnamed

INSPIRASI.

media untuk mendapatkan ilham, ide, atau gagasan yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan.
Open chat
1
Haloo 👋🏻👋🏻👋🏻
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by