Kabupaten Banjar Studi Tiru Ke Sekretariat SLRT Kabupaten Sleman

Pada hari Selasa, 28 Agustus 2018, bertempat di Ruang Rapat Punyodewo lantai 2 Dinas Sosial, Sekretariat SLRT Kabupaten Sleman menerima tamu dari Dinas Sosiai Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan Selatan.

Wasis Nugroho Sekretaris Dinas Sosial Kabupaten Banjar selaku pimpinan rombongan mengatakan bahwa Dinas Sosial Kabupaten Banjar Provinsi Kalimantan SelatanTahun 2017 oleh Kementeriaan Sosial Republik Indonesia sudah menjadi daerah lokasi pengembangan SLRT. Untuk lebih memantapkan pelaksanaan SLRT, atas rekomendasi Kementerian Sosial di arahkan ke Kabupaten Sleman. “Kami ber 8 dengan mengajak Bappeda dan perwakilan Camat yang diwakili Camat Mataraman, Camat Astambul dan Camat Martapura, ingin lebih detail diskusi tentang SLRT, Unggulan program dan kegiatannya, pelaksanaan Puskesos mandiri dan regulasi yang dipakai dalam pelaksanaan SLRT di Kabupaten Sleman,” ujar Wasis.

Sekretaris Dinas Sosial Dra, Epiphana Kristiyanti, MM mewakili Kepala Dinas Sosial menyambut baik dan mengucapkan terimakasih atas kunjungan dan kepercayaan sebagai tempat studi orientasi. Dalam penjelasannya Epiphana mengatakan bahwa penanganan Permasalahan Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) harus  fokus, serius karena itu sudah diamanatkan dalam Perbub 68 tahun 2016.

Sigit Indarto selaku Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial menjelaskan bahwa program Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) ini merupakan suatu sistem pelayanan yang dikembangkan  di Kabupaten Sleman untuk membantu mengidentifikasi kebutuhan dan keluhan masyarakat miskin dan rentan, melakukan rujukan, dan menghubungkan mereka  dengan program dan layanan yang dikelola oleh pemerintah pusat, provinsi, dan Kabupaten sesuai dengan kebutuhan mereka serta memantau penanganan keluhan untuk memastikan bahwa keluhan-keluhan tersebut ditangani dengan baik.

“Fokus Sleman adalah pada layanan dan rujukan yang dipadukan dan di sinergiskan dengan tupoksinya dinas dan lembaga terkait yang kami integrasikan dalam SLRT,” demikian imbuh Sigit.

Siwi Yuliati selaku Koordinator yang mengelola Puskesos Senyum, mengatakan bahwa Puskesos yang dibentuk merupakan inisiatif pribadi Desa Sumberrejo Kecamatan Tempel dengan dana APBDes murni, Siwi juga mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan Puskesos sangat membantu pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam perlindungan sosial. “ini sejalan dengan tupoksi Kasi Pelayanan, kebetulan saja, saya ini juga sebagai Kasi Pelayanan,” ujar Siwi.

“Puskesos Desa Sumberrejo kami namakan Puskesos Senyum, dengan harapan bahwa nama tersebut sesuai dengan motto kami melayani dengan sepenuh hati,” tambah Siwi.

Sarastomo Ari Saptoto, S.Sos, M.AP, M.Agr.Sc. selaku Kasi Data Kesejahteraan Sosial menambahkan penjelasan adanya program unggulan SLRT Kabupaten Sleman adalah adanya JPS, N(g)antar Paimah dan Lasamba.

Setelah penjelasan dan diskusi, rombongan SLRT Kabupaten Banjar kemudian melihat langsung pelayanan SLRT yang ada di lantai 1 Dinas Sosial. Rombongan secara detail mewawancarai petugas front office dan back office SLRT terkait dengan tugas pokok dan fungsinya.

“Yang paling penting adalah kami harus melayani klien dengan menggunakan hati, tidak boleh marah harus selalu tersenyum, “ demikian ujar Elaphiati petugas front office SLRT Sembada.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Dinas Sosial

Dinas Sosial

Artikel ini dibuat oleh segenap karyawan dinas sosial

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

unnamed

INSPIRASI.

media untuk mendapatkan ilham, ide, atau gagasan yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan.