Tagana Kabupaten Sleman Peduli Lombok

Pada hari Jumat 17 Agustus 2018 pukul 15.30 WIB bertepatan dengan perayaan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73 di Halaman BPBD Kabupaten Sleman, Tim relawan Kabupaten Sleman yang terdiri dari relawan dari BPBD dan Tagana Dinas Sosial Kabupaten Sleman secara resmi di lepas oleh Bupati Sleman Sri Purnomo menuju Lombok Barat tepatnya di Desa Kekait, Kecamatan Gunungsari, Kab.Lombok Barat. Bupati Sleman yang pada kesempatan tersebut didampingi oleh Sekretaris Daerah, Kepala Dinas Sosial dan Kepala Pelaksana BPBD menyampaikan pesan kepada relawan yang berangkat. “Petugas yang berangkat merupakan pengemban tugas mewakili seluruh masyarakat Kabupaten Sleman dengan membawa bantuan dari pemerhati sosial masyarakat kita di Sleman, untuk itu bantuan yang kita bawa diharapkan bisa diserahkan secara langsung di lokasi dan jangan merepotkan masyarakat disana,” kata Sri Purnomo.

“Kita harus membangkitkan semangat para korban karena kita  pernah merasakan dan mengalami bencana gempa Bantul Tahun 2006 dan bencana Merapi  Tahun 2010, ikuti pola hidup masyarakat Lombok, jangan sampai menantang arus yang sudah ada,” tambah Sri Purnomo. “Hati hati di jalan, jaga kecepatan aman kendaraan, bekerja yang baik, bekerja yang ikhlas dan istirahat bila capek, jangan dipaksakan, semoga lancar, selamat sampai lokasi dan  kembali dalam keadaan sehat wal afiat,” tambah beliau.

“Rombongan direncanakan akan bertempat di Dusun Kekait 1, Desa Kekait, Kecamatan Gunungsari, Kab.Lombok Barat selama kurang lebih 3 sampai 4 hari tergantung kondisi, tetapi direncanakan, Tim relawan akan pulang tanggal 22 Agustus 2018,” Kata Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Sleman Makwan, STP, MT yang didampingi Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial Sigit Indarto, SE, MSi.

Tim relawan dari Pemerintah Kabupaten Sleman yang juga membawa barang bantuan dari masyarakat Kabupaten Sleman ini membawa misi Kekait Harus Bangkit dengan agenda membuat hunian sementara (huntara) untuk warga Desa Kekait. Seperti di ketahui gempa berkekuatan 7.0 SR mengguncang Lombok Utara pada 5 Agustus 2018 lalu yang meluluh lantakkan Lombok utara, Lombok Timur dan sebagian Lombok Barat

“Desa Kekait harus segera bangkit dari keterpurukan akibat bencana, kami juga pernah mengalami bencana baik itu gempa di tahun 2006 dan erupsi Merapi tahun 2010. Belajar dari kejadian tersebut kami mensuport warga Kekait harus segera bangkit dari bencana ini. Kita siapkan peralatan kerja bakti untuk membersihkan puing bangunan yang roboh, lalu kita siapkan terpal untuk membuat hunian sementara yang sudah teruji tahan gempa dan juga relawan sudah kami siapkan”,  kata Makwan didampingi Kades Kekait HM.Zaini di posko Pemkab Sleman Peduli Gempa Lombok.

Tak ketinggalan Wakil Bupati Sleman Hj. Sri Muslimatun, Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman Sumadi, SH, MH. dan Kepala Dinas Sosial Sri Murni Rahayu, SH, MM. pun hadir bahkan menginap di tenda yang didirikan tim mengingat kejadian gempa masih sering terjadi di lokasi posko. Tim yang berjumlah 18 orang tersebut berasal dari staf BPBD 3 orang, TRC BPBD Sleman 5 orang, komunitas Relawan5 orang,  Dinas Sosial 2 orang, Tagana 3 orang.

“Tagana Kabupaten Sleman yang ikut sebagai relawan sesuai dengan tugas pokok fungsinya menyiapkan segala sesuatu yang berkaitan dengan konsumsi para relawan yang bekerja membersihkan puing warga untuk di dirikan huntara, sekaligus membantu menejemen keposkoan dan logistik,”Kata Budi Winarno Kasi Bantuan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial. “Karena yang sifatnya bantuan itu semua harus dipertanggung jawabkan, untuk itu kami membantu membenahi menejemen posko logistis,” tandas Budi.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Dinas Sosial

Dinas Sosial

Artikel ini dibuat oleh segenap karyawan dinas sosial

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

unnamed

INSPIRASI.

media untuk mendapatkan ilham, ide, atau gagasan yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan.
Open chat
1
Haloo 👋🏻👋🏻👋🏻
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by