Layanan SLRT Kabupaten Sleman Sukses Antarkan Sleman Raih Penghargaan Melalui N(g)antar Paimah dan Lasamba

Pada hari Rabu 25 Juli 2018 dalam kegiatan Koordinasi dan Sosialisasi SLRT bagi 60 kab/kota di Aula Hotel Accor Mercure Jakarta Baycity Ancol Jakarta Utara Bupati Sleman Drs. H. Sri Purnomo, MSI menerima penghargaan SLRT Award  dalam Inovasi Layanan SLRT (Sistem Layanan Rujukan Terpadu). Penghargaan ini diberikan atas inovasi N(g)Antar Paimah (Layanan Antar Sampai Rumah) dan Lasamba (Layanan Sambang Warga). Penghargaan dari Kementrian Sosial RI diserahkan oleh Direktur Jenderal Pemberdayaan Sosial PP Nazarudin.

Bupati Sleman berharap, penghargaan ini menjadi motivasi bagi Kabupaten Sleman untuk meningkatkan pelayanan bidang perlindungan sosial. N(g)antar Paimah merupakan merupakan program layanan inovatif kreatif Dinas Sosial Kabupaten Sleman yang diberikan kepada pengunjung yang datang di pelayanan terpadu SLRT SEMBADA, yang membutuhkan jasa layanan transportasi untuk diantar kepada layanan lanjutan dan atau diantar sampai rumah.  N(g)antar Paimah  memberikan kemudahan pelayanan kepada masyarakat miskin dan rentan miskin sehingga seluruh program pemerintah dapat menjangkau semua masyarakat yang berhak.

“Dengan penghargaan ini juga diharapkan mendorong Dinas Sosial Kabupaten Sleman untuk terus bergerak mencari inovasi baru karena apa yang dilaksanakan terbukti memberikan efek yang cukup bermanfaat bagi warga dan akan lebih giat lagi dalam memberikan pelayanan bagi warga yang kurang mampu,” lanjut Sri Purnomo.

Penghargaan serupa juga diberikan kepada 6 kabupaten dan 1 provinsi dari 514 kabupaten/ kota se-Indonesia. Kabupaten Pasaman menerima inovasi dalam rangka optimalisasi layanan SLRT melalui mobil keliling, Kabupaten Bantaeng dalam Integrasi layanan dan kerjasama SLRT dengan BAZNAS dan mintra lainnya, Kabupaten Barito Kuala dalam Komitmen Pemda mengintegrasikan SLRT dalam RPJMD, Kabupaten Sumbawa dalam Penjangkauan warga miskin melalui SLRT dalam penanganan adminduk, Kabupaten Bandung dalam pemanfaatan dana desa untuk perluasan Puskesos di seluruh desa/ kelurahan dan Provinsi NTB dalam Pendampingan APBD Provinsi untuk pengembangaan dan pelaksanaan SLRT di Kabupaten/kota Provinsi Sumbawa.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sleman Sri Murni Rahayu, SH, MM. menyampaikan program SLRT yang dilaksanakan di Kabupaten Sleman telah dimulai sejak 2016 yang diperuntukkan bagi warga miskin dan rentan miskin. “Kami Dinas Sosial Sleman dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat selalu mengedepankan moto “SEMBADA” yang merupakan akronim dari senyum, empati, melayani, berbagi, berdedikasi, amanah, disiplin dan akuntabel,” kata Sri Murni.

“Dalam layanan SLRT dengan ber slogan ‘teko susah, bali bungah’ (datang susah tapi pulang dengan hati gembira), ini bisa memberikan solusi bagi masyarakat yang mempunyai permasalahan sosial,” tambah Sri Murni Rahayu dalam kesempatan tersebut.

Hal ini untuk sejalan dengan visi misi Bupati Sleman dalam program penurunan kemiskinan hingga 8% pada tahun 2021. Sebagai tindak lanjut dari inovasi N(g)antar Paimah, Pemkab Sleman juga meluncurkan program Lasamba (Layanan Sambang Warga). Lasamba merupakan program layanan inovatif kreatif Dinas Sosial Kabupaten Sleman sebagai tindak lanjut pelayanan jemput bola dan layanan tindak lanjut dari layanan SLRT dalam rangka memberikan LAYANAN PURNA kepada masyarakat. “Ini merupakan jawaban dari permintaan Bupati Sleman dalam acara launching N(g)antar Paimah pada 4 Oktober 2018, “Kata Sigit Indarto Kepala Bidang Perlindungan Sosial.

“Petugas Dinas Sosial menyambangi/mendatangi warga untuk mengetahui keluhan warga miskin dan kurang miskin baik kesehatan, pendidikan dan problem sosial lainnya untuk dicarikan solusi pemecahan sampai dengan penyelesaian masalahnya,” tambah Sigit.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Dinas Sosial

Dinas Sosial

Artikel ini dibuat oleh segenap karyawan dinas sosial

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

unnamed

INSPIRASI.

media untuk mendapatkan ilham, ide, atau gagasan yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan.
Open chat
1
Haloo 👋🏻👋🏻👋🏻
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by