Pendamping PKH Sleman Mulai Ikuti E-Learning FDS

Sebanyak 15 Pendamping Sosial PKH Kabupaten Sleman mulai mengikuti rangkaian Diklat Family Development Session (FDS) dengan melalukan pembelajaran jarak jauh (E-Learning) pada 2-12 Juli 2018. Dalam E-Learning ini peserta belajar tentang materi FDS secara online.

Wisnu Nugraha, Supervisor PKH Sleman menjelaskan bahwa kegiatan ini berlangsung setiap hari dari jam 08.00 – 16.00 WIB terbagi dalam beberapa sesi antara lain: chat dengan fasilitator, video conference, penugasan, praktek dan test. Semua materi juga diunduh secara mandiri oleh peserta, dan bisa dilakukan dimana saja asal tersedia jaringan internet.

“Setelah e-learning ini selesai, nantinya mereka akan mengikuti praktek belajar lapangan (PBL) di Balai Diklat Kesejahteraan Sosial Yogyakarta bersama dengan pendamping dari Jawa Tengah dan Bali”, ujarnya. Peserta dari Sleman masuk dalam angkatan V Tahun 2018, dengan total peserta sebanyak 280 per angkatan.

Diklat FDS dengan metode E-Learning ini menurut Kristina Erni Setyawati, Korkab PKH Kabupaten Sleman merupakan respon atas meningkatnya jumlah pendamping PKH. Hal tersebut berakibat pada lamanya waktu yang dibutuhkan untuk memberikan materi diklat FDS jika masih menggunakan metode klasikal. “Dengan metode klasikal, hanya 6 ribu pendamping yang bisa mengikuti Diklat. Sehingga untuk mempercepat proses diklat, digunakan metode ini”.

Harapannya, jumlah pendamping yang mengikuti Diklat bisa meningkat dua atau tiga kali lipat, sehingga dalam waktu 3 tahun semua pendamping sudah mengikuti Diklat. Selama ini, PPKH Kabupaten Sleman telah menggelar pelatihan (coaching) FDS secara mandiri untuk memberikan bekal materi bagi pendamping yang belum mendapatkan kesempatan mengikuti Diklat.

FDS sendiri merupakan sesi peningkatan kapasitas keluarga yang bertujuan merubah perilaku Keluarga Penerima Manfaat (KPM) PKH. Dimana, dalam sesi FDS KPM diajarkan dan dibekali oleh pendamping tentang pentingnya pendidikan dan kesehatan, pengelolaan keuangan keluarga, cara mengasuh anak dan lain sebagainya.

(Sesi Ice Breaking dalam E-Learning FDS)

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Dinas Sosial

Dinas Sosial

Artikel ini dibuat oleh segenap karyawan dinas sosial

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

unnamed

INSPIRASI.

media untuk mendapatkan ilham, ide, atau gagasan yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan.
Open chat
1
Haloo 👋🏻👋🏻👋🏻
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by