Bupati Sleman Harapkan PKH Sebagai Pemutus Rantai Kemiskinan

Bupati Sleman, H. Sri Purnomo, M.S.I, mengharapkan Program Keluarga Harapan (PKH) dapat menjadi pemutus rantai kemiskinan antar generasi dengan perbaikan pendidikan dan kesehatan keluarga. Hal tersebut disampaikan dalam Peringatan 1 Dasawarsa PKH Kabupaten Sleman dan Hari Lanjut Usia Nasional di GOR Pangukan, Sleman pada Selasa, 8 Mei 2018.

Di hadapan 2.300 orang yang memadati acara tersebut, Bupati juga berpesan agar pendamping PKH tetap sebagai garda terdepan dalam program penanggulangan kemiskinan sehingga tujuan PKH dapat tercapai. “Bantuan PKH telah diterima oleh lebih dari 50 ribu keluarga di Kabupaten Sleman, oleh karena itu harus benar-benar dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya”, ujarnya.

PKH pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Sleman pada Mei 2008 dengan total ada 4.375 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang berasal dari Rumah Tangga Sangat Miskin (RTSM). Untuk komponennya adalah ibu hamil, nifas, balita, anak pra sekolah dan/atau anak sekolah usia SD-SMP. Sampai tahun 2016, sasaran dari PKH berkurang dan menyisakan 3.008 KPM.

Terhitung sejak 2017, PKH mengalami perluasan peserta. Jika sebelumnya yang disasar usia anak sekolah hingga SMP, sejak 2017 ada tambahan komponen anak sekolah SMA. Selain itu juga ada lansia diatas 70 tahun, anak penyandang disabilitas sedang dan berat. Dengan adanya perluasan peserta, total sasaran PKH di Sleman menjadi 50.862 KPM. Dan di tahun 2018, jumlah KPM PKH Kabupaten Sleman berjumlah 50.452 KPM.

Berdasarkan evaluasi nasional, PKH dinilai mampu menaikkan angka partisipasi pendidikan dasar dan menengah pada peserta PKH, kunjungan balita ke posyandu, menekan angka putus sekolah, menaikkan prosentase kepemilikan administrasi kependudukan (KK, KTP, Akta Kelahiran) pada masyarakat miskin, serta berhasil mengentaskan status kemiskinan sebagian keluarga miskin.

Acara tersebut juga dimeriahkan dengan bazaar produk KPM, penyerahan penghargaan untuk anak KPM berprestasi dari Bank BNI, juga dihibur dengan penampilan tarian dan musik dari anak KPM dan Pendamping PKH. Puncak peringatan 1 Dasawarsa PKH Kabupaten Sleman juga dimeriahkan dengan senam lansia, penyerahan penghargaan pilar-pilar sosial dan USEP/KUBE Berprestasi.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Dinas Sosial

Dinas Sosial

Artikel ini dibuat oleh segenap karyawan dinas sosial

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

unnamed

INSPIRASI.

media untuk mendapatkan ilham, ide, atau gagasan yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan.
Open chat
1
Haloo 👋🏻👋🏻👋🏻
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by