Tingkatkan Kesejahteraan Lansia, Yakkum Bentuk 5 Kelompok Lintas Generasi di Sleman

Yakkum melalui salah satu unit kerjanya, Yakkum Emergency Unit (YEU) membentuk Kelompok Lintas Generasi yang bertujuan untuk melakukan pendampingan dalam usaha meningkatkan kesejahteraan Lansia di Kabupaten Sleman. Pembentukan ditandai dengan workshop orientasi dan pembekalan yang diselenggarakan bekerja sama dengan Seksi Kelembagaan Sosial Dinas Sosial Kabupaten Sleman.

Workshop orientasi telah dilaksanakan pada Senin, 23 April 2018, sedangkan Pembekalan Pendampingan dilaksanakan pada 3-8 Mei 2018 di Ruang Rapat Nakula, Lantai 3 Dinas Sosial Kabupaten Sleman. Kegiatan tersebut diikuti oleh 35 peserta yang terdiri dari TKSK, Pendamping PKH, PKK, Lansia Aktif, dan kader Kesehatan dari masing-masing desa di Kecamatan Sleman.

dr. Sari Mutia Timur, M.Nur, Direktur keberhasilan pembangunan kesehatan berdampak pada peningkatan usia harapan hidup yang juga meningkatkan jumlah penduduk lansia, yang kemudian memunculkan implikasi ekonomi dengan bertambahnya beban tanggungan. Pada tahun 2016, angka beban tanggungan Indonesia sebesar 46%, artinya setiap 100 orang penduduk yang produktif menanggung 46 orang yang tidak produktif.

“Lansia rentan terhadap masalah kesehatan (penyakit degerenatif), psikis (kesepian atau terabaikan), maupun sosial (ingin berkontribusi di masyarakat),” lanjut dr.Sari. Untuk merespon permasalahan tersebut, sejak 2015 YEU dengan dukungan Help Age International bersama pemangku kepentingan setempat membentuk Kelompok Lintas Generasi (KLG).

KLG yang akan berdiri di 5 Desa di Kabupaten Sleman bertujuan untuk mengurangi keterasingan dan kerentanan lanisa dengan menciptakan jaringan dukungan sosial yang dikelola oleh kelompok masyarakat. Sebelumnya sudah terdapat 6 KLG yang dibentuk YEU di Kabupaten Magelang.

“Saya merasa senang dilibatkan dalam kegiatan ini, karena membuka wawasan tentang berbagai hal tentang lansia. Apalagi Lansia merupakan salah satu komponen yang harus kami dampingi dalam Program Keluarga Harapan,” ujar Ully Umayah Kalikhy, koordinator pendamping PKH Kecamatan Sleman yang menjadi salah satu peserta.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Dinas Sosial

Dinas Sosial

Artikel ini dibuat oleh segenap karyawan dinas sosial

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

unnamed

INSPIRASI.

media untuk mendapatkan ilham, ide, atau gagasan yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan.