Jika Tidak Ikut Undian, Jangan Berharap Jadi Pemenang

Masyarakat diminta berhati-hati terhadap penipuan berkedok iming-iming undian berhadiah yang dilakukan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab.”Jika merasa tidak ikut undian, jangan berharap dan percaya kalau dijadikan pemenang,” demikian penjelasan Sri Harjanta, SE, Kepala Seksi Orsos dan Sumbangan Sosial Dinas Sosial DIY.

Penjelasan tersebut terungkap saat Dinas Sosial DIY bekerja sama dengan Dinas Sosial Kabupaten Sleman menyelenggarakan Dialog Interaktif tentang Undian Gratis Berhadiah (UGB) serta Pengumpulan Uang dan Barang (PUB) pada 20 April 2018 di Hotel Rosalia Indah, Yogyakarta yang menghadirkan berbagai tokoh masyarakat dan lembaga Se-Kabupaten Sleman.

Lebih lanjut, dijelaskan bahwa penyelenggaraan Undian Gratis Berhadiah memerlukan perizinan dengan tujuan untuk perlindungan konsumen dari penipuan dan penegakan aturan tentang penerimaan pajak. UGB yang harus berizin adalah undian yang melakukan promosi produk dan atau menarik dana dari masyarakat yang biasanya berupa kupon undian. UGB yang tidak harus berizin adalah UGB yang disponsori oleh produk obat-obatan, hadiah merupakan barang hidup, hadiah tidak bisa dinilai dengan uang, hadiah beresiko, dan diselenggarakan oleh partai politik.

Sementara proses perizinan hanya bisa dilakukan oleh lembaga/organisasi/kelompok atau kepanitiaan dengan mengajukan kepada Menteri Sosial up.Direktur Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial setelah sebelumnya mendapatkan rekomendasi dari Gubernur.”Prosesnya sekarang lewat online, sehingga bisa cepat, transparan dan mudah dipantau”, jelas Sri Harjanta lebih lanjut.

Terkait permasalahan penipuan berkedok undian gratis berhadiah, masyarakat dapat melakukan pengecekan melalui Dinas Sosial DIY pada nomor 0274-514932 atau 0274-563510, apakah undian tersebut benar-benar ada atau hanya aksi penipuan.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Dinas Sosial

Dinas Sosial

Artikel ini dibuat oleh segenap karyawan dinas sosial

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

unnamed

INSPIRASI.

media untuk mendapatkan ilham, ide, atau gagasan yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan.