Kemensos Verifikasi Calon Penerima KUBE Perkotaan

Tim Kementerian Sosial yang dipimpin oleh Kasubdit Bantuan Stimulan dan Penataan Lingkungan, Direktorat Penangan Fakir Miskin Perkotaan, Dra. Etty Rachmiyati, M.Si melakukan verifikasi dan home visit calon penerima bantuan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Kecamatan Ngaglik dan Kecamatan Depok. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari, yaitu dimulai Minggu hingga Selasa, 29 April-1 Mei 2018.

Adapun verifikasi yang diajukan oleh Kemensos kepada peserta KUBE antara lain terkait rencana usaha, kesiapan kelompok, lokasi usaha, rencana penggunaan bantuan, kapan terbentuknya usaha tersebut, macam jumlah usaha dan pangsa pasar yang dituju.

Program KUBE sendiri merupakan program yang ada pada Kementrian Sosial RI untuk memberdayakan kelompok masyarakat miskin dengan pemberian modal usaha sehingga dapat meningkatkan kemampuan berusaha para anggota KUBE. Selain itu diharapkan dari kegiatan ini dapat meningkatkan pendapatam serta pengembangan usaha mereka.

Persyaratan penerima bantuan KUBE antara lain merupakan keluarga yang masuk dalam Basis Data Terpadu (BDT) dan dalam satu kelompok berjumlah 10 orang. Setiap kelompok akan menerima bantuan uang sebesar Rp 20 juta dan dibelanjakan barang sesuai dengan kebutuhan usaha masing-masing kelompok.

“Tahun ini, Sleman mendapatkan bantuan KUBE Perkotaan untuk 500 orang yang terbagi dalam 50 kelompok, di 7 Desa Kecamatan Depok dan Ngaglik,” terang Ir. Suparmono, MM, Kepala Bidang Pemberdayaan dan Kelembagaan Sosial yang menyertai verifikasi yang dilaksanakan oleh Kemensos. (Ratih Aini, Pendamping PKH Kecamatan Ngaglik)

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Dinas Sosial

Dinas Sosial

Artikel ini dibuat oleh segenap karyawan dinas sosial

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

unnamed

INSPIRASI.

media untuk mendapatkan ilham, ide, atau gagasan yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan.