Tagana Sleman Goes To School

Penanggulangan bencana bukan hanya menjadi tugas pemerintah maupun Taruna Siaga Bencana (TAGANA), melainkan tanggung jawab semua pihak termasuk para pelajar. Oleh karena itu, wawasan tentang kebencanaan harus diketahui sejak dini. Melalui kegiatan Tagana Goes To School ini memperkenalkan bagaimana cara menghadapi bencana ke sekolah-sekolah di wilayah Kabupaten Sleman.

Bertempat di TK Uswatun Khasanah Kenteng, Kajor, Nogotirto, Gamping, Sleman, Kamis 26 April 2018 Tagana Kabupaten Sleman melaksanaan kegiatan TGTS (Tagana Goes To Shcool). Sasaran peserta TGTS kali ini terdiri dari Playgroup 20 anak, TK 165 anak dan Guru Karyawan 23 orang. “Materi yang di berikan untuk TK Uswatun hasanah, di sesuaikan dengan potensi bencana yang pernah terjadi yaitu angin ribut dan gempa bumi,  meskipun semua pengetahuan tentang bencana tetap kami berikan,” ujar Lutfi Arsi salah personil yang terlibat di TGTS.

Kegiatan yang dilakukan dalam kegiatan Tagana Sleman Goes To School adalah simulasi angin dan gempa sampai tahap evakuasi mandiri ke titik kumpul di halaman sekolah. Untuk guru diajarkan tentang tata ruang aman gempa, penanganan bila terjadi angin ribut, apabila terjadi kebakaran, kemudian penentuan jalur evakuasi. “Kami sekaligus juga melakukan penempelan stiker jalur agar bisa di pakai warga sekolah apabila terjadi bencana yang sesungguhnya,” tambah Indri, personel Tagana lainnya.

Di kesempatan lain, Sri Murni Rahayu, S.H, M.M, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sle

man menyampaikan dengan adanya TGTS yang diinisiasi Tagana Kabupaten Sleman, anak-anak akan mengetahui apa yang harus mereka lakukan ketika terjadi bencana, sehingga mereka berperan serta dalam penanganan bencana minimal untuk diri mereka sendiri. “Meskipun masih anak-anak, tapi minimal mereka tahu apa yang harus dilakukan. Ini bermanfaat untuk memperkecil korban ketika adanya bencana,” imbuh Murni.

Pasti Erawati salah satu pengurus harian FK Tagana Kabupaten Sleman menyampaikan bahwa di tahun 2017 kegiatan TGTS sudah dilaksanakan lebih dari 25 sekolah. “Untuk tahun 2018 ini kita sudah melaksanakan 4 TGTS, yakni di SDN Pandowoharjo Sleman, Sekolah Teladan Gamping (KB, TK, SD), TK Pusposari Godean dan TK Uswatun Khasanah Gamping,” ujar Pasti.

SEMANGAT PAGI!!!!.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Dinas Sosial

Dinas Sosial

Artikel ini dibuat oleh segenap karyawan dinas sosial

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

unnamed

INSPIRASI.

media untuk mendapatkan ilham, ide, atau gagasan yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan.
Open chat
1
Haloo 👋🏻👋🏻👋🏻
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by