Tim Penilai KUBE Berprestasi Lakukan Kunjungan Lapangan

Tim Penilai Evaluasi Usaha Sosial Ekonomi Produktif-Kelompok Usaha Bersama (USEP-KUBE) Berprestasi mengadakan Kunjungan Lapangan Seleksi USEP-KUBE Berprestasi Tahun 2018 pada Rabu, 18 April 2018. Pada hari tersebut, tim penilai mengunjungi 7 kelompok USEP-KUBE dari wilayah Sleman Timur yang telah lolos seleksi administrasi, sedangkan sisanya 8 kelompok akan dikunjungi pada minggu berikutnya.

Dua dari tujuh kelompok yang dikunjungi berlokasi di Kecamatan Ngemplak, yaitu KUBE PKH XVI SLM 47 Desa Wedomartani dan KUBE PKH PKH XVI SLM 46 Desa Bimomartani. Kunjungan dilaksanakan di salah satu lokasi usaha masing-masing desa, KUBE Desa Bimomartani di Dusun Rogobangsan dan KUBE Desa Wedomartani di Dusun Saren. KUBE sendiri adalah salah satu program pemerintah yang bertujuan untuk memberdayakan kelompok masyarakat miskin dengan pemberian modal usaha.

Dalam kunjungannya, tim penilai mengajukan beberapa pertanyaan terkait usaha apa saja yang dilakukan dan penggunaan bantuan dana usahanya. Masing-masing kelompok KUBE terdiri atas 10 usaha dan diberi modal awal sebesar Rp. 20 juta. Bantuan dana tersebut dipergunakan untuk aneka usaha, mulai dari usaha ternak, warung kelontong, warung soto, laundry, jual jemuran dari bambu, dan lain-lain.

Selanjutnya, masing-masing anggota akan menyetorkan uang sebagai bentuk bagi hasil. Selain itu, mereka juga menyetorkan dana sosial dan Iuran Kesetiakawanan Sosial (IKS) ke kas KUBE PKH. Harapannya, uang yang terkumpul tersebut dapat digunakan untuk penambahan modal usaha ataupun bantuan untuk anggota yang terkena musibah.

“Sebaiknya diadakan simpan pinjam untuk membantu penambahan modal dan pengembangan usaha. Namun harus disertai pula aturan tertulis, sanksi, dan komitmen yang kuat dari anggota KUBE,” kata Endang Kusmawati, S.Sos., salah satu Tim Penilai. Kunjungan di kedua kelompok tersebut diakhiri dengan mencicipi kudapan hasil produksi anggota KUBE PKH. (Penulis: Nia Aprilianingsih, Pendamping PKH Kecamatan Ngemplak)

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Dinas Sosial

Dinas Sosial

Artikel ini dibuat oleh segenap karyawan dinas sosial

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

unnamed

INSPIRASI.

media untuk mendapatkan ilham, ide, atau gagasan yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan.
Open chat
1
Haloo 👋🏻👋🏻👋🏻
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by