Lebih dari 300 E-Warong Disiapkan Jadi Agen BPNT di Sleman

Dinas Sosial Kabupaten Sleman dan Bank Mandiri mengundang 348 Warung yang akan menjadi Elektronik Warung Gotong Royong (e-Warong) dalam Rapat Sosialisasi Persiapan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) selama 2 hari, 9-10 April 2018 di Ruang Rapat Nakula, Lantai 3 Dinas Sosial Kabupaten Sleman.

Feri Istanto, selaku Kepala Seksi Pemberdayaan Sosial menjelaskan prinsip utama BPNT yang harus diketahui dan menjadi pegangan bagi e-Warong yang akan menjadi Agen BPNT dan melayani Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Program BPNT. “Perlu diingat bahwa kami tidak boleh mengarahkan KPM pada suatu e-warong, sehingga KPM bebas dalam memilih barang, nominal, waktu, dan di warung mana dia berbelanja.”

Hanya saja, sesuai ketentuan komoditas yang dibeli dibatasi hanya beras dan telur. Komoditas tersebut juga tidak boleh dipaketkan dengan harga tertentu. Dalam program BPNT, KPM akan ditransfer dana Rp.110.000/bulan, tidak bisa diuangkan dan harus dibelanjakan komoditas pangan di E-Warong yang ditunjuk bank penyalur.

Muhammad Rusdi dari Bank Mandiri Kantor Area Yogyakarta menjelaskan tentang tata cara penggunaan electronic data capture (EDC) yang akan menjadi sarana transaksi kepada semua agen. “Secara prinsip penggunaannya mudah, karena kami punya pengalaman punya agen bank yang sudah berusia 80 tahun pun bisa mengoperasikannya”.

Di akhir acara, pemilik e-Warong diperkenalkan dengan suplier pemasok beras dan telur baik yang berskala nasional maupun lokal. Suplier tersebut antara lain adalah Perum Bulog, PT PPI, Gapoktan Sleman, dan Lembaga Distribusi Pangan Masyarakat Kabupaten Sleman.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Dinas Sosial

Dinas Sosial

Artikel ini dibuat oleh segenap karyawan dinas sosial

1 thought on “Lebih dari 300 E-Warong Disiapkan Jadi Agen BPNT di Sleman”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

unnamed

INSPIRASI.

media untuk mendapatkan ilham, ide, atau gagasan yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan.