Peningkatan Kapasitas dan Peran Lembaga Konsultasi dan Kesejahteraan Keluarga (LK3) di SLRT

Hari Kamis pahing 8 Maret 2018 bertempat di lantai 3 Dinas Sosial Kabupaten Sleman, Dinas Sosial telah kedatangan rombongan  dari 48 Dinas Sosial provinsi se Indonesia dan diterima langsung Kepala Dinas Sosial Sri Murni Rahayu, S.H.,M.M.

Kegiatan yang bertema Peningkatan Kapasitas dan Peran Lembaga Konsultasi dan Kesejahteraan Keluarga (LK3) di Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) ini diselenggarakan oleh Subdirektorat Kelembagaan Kesejahteraan Sosial Kementerian Sosial Republik Indonesia dipimpin oleh Kasubdit LK3 dan Peduli Keluarga Drs. Arief Nahari, M.Si.

Dalam sambutannya Arife Nahari menyampaikan ucapan terimakasih atas penerimaannya dan sekaligus menyampaikan kenapa SLRT Kabupaten Sleman dipilih sebagai ajang peningkatan kapasitas tim pembina LK3 tingkat propinsi. SLRT Kabupaten Sleman sangat layak untuk dikunjungi selain Kabupaten Bandung dan Bantaeng, ujarnya.

Sri Murni Rahayu dalam sambutan sekaligus memberikan materi  Peran Lembaga Konsultasi Dan Kesejahteraan Keluarga (LK3) di Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT) menyampaikan pentingnya seluruh Organisasi Perangkat Daerah dan lembaga yang terkait termasuk di dalamnya LK3 dalam bersinergi dengan SLRT Sembada.

“LK3 bisa sebagai kepanjangan tangan SLRT dalam pemberian informasi awal pelayanan SLRT sekaligus berfungsi sebagai tempat rujukan lanjut SLRT dalam menangani lansia yang perlu dirujuk ke Panti Wreda ABIYOSO Pakem, kemudian penanganan ODGJ (Orang Dalam Gangguan Jiwa), penanganan kasus anak yang perlu penanganan lanjut di BRSA (Balai Rehabilitasi Sosial dan Pengasuhan Anak) Bimomartani, sekaligus LK3 berfungsi sebagai tempat konsultasi anak dan keluarga,” demikian papar Sri Murni.

“Kegiatan LK3 sudah banyak berkiprah membantu penanganan PMKS dan dalam hal ini tidak terlepas selalu koordinasi dengan SLRT,” imbuh Drs. Banawa selaku Ketua LK3 Sembada 9.

Dalam akhir kunjungan rombongan meninjau kantor LK3 Sembada 9 dan melakukan wawancara dengan para pengurus.

Dengan apa yang sudah dilakukan SLRT Kabupaten Sleman, maka sangat pantaslah kabupaten lain berkunjung ke Sleman, ujar salah satu peserta sebelum berpamitan pulang ke hotel.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Dinas Sosial

Dinas Sosial

Artikel ini dibuat oleh segenap karyawan dinas sosial

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

unnamed

INSPIRASI.

media untuk mendapatkan ilham, ide, atau gagasan yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan.