Dinas Sosial Kabupaten Sleman Melaksanakan Pembinaan Penguatan Kelembagaan TPK Desa dan Padukuhan

Dinas Sosial Kabupaten Sleman, Jum’at (23/02/2018). Bertempat di Desa Kepuharjo, pembinaan tersebut dilaksanakan pada hari Jum’at 23 Februari 2018. Kepala Seksi Bantuan Sosial dan Penanganan Fakir Miskin Dinas Sosial Kabupaten Sleman Budi Winarno, S.Sos. membuka acara dan menyampaikan kelembagaan TPK Desa agar bisa merekrut lembaga swasta yang ada di Desa, antara lain pengusaha-pengusaha (dunia usaha) sehingga dapat menyatukan kelembagaan dalam rangka penanggulangan kemiskinan yang ada di Desa khususnya PPK, LPMD, Karang Taruna, Kader, dan Tokoh Masyarakat.

Sebagai Narasumber Sigit Indarto, SE, M.Si selaku Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial Dinas Sosial menyampaikan pembentukan Tim Penanggulangan Kemiskinan (TPK) Kecamatan, Desa, dan Padukuhan dengan maksud agar terdapat pemahaman yang sama bagi semua pelaku penanggulangan kemiskinan sehingga dapat meminimalkan terjadinya kesimpang-siuran langkah, maupun pelaksanaan tugasnya. Adapun tujuannya ialah agar terwujud efektifitas dan efisiensi langkah percepatan penanggulangan kemiskinan sehingga pada akhirnya dapat mengurangi jumlah warga miskin di Kabupaten Sleman. Pada masa mendatang diharapkan TPK menjadi motor percepatan Nangkis.

Drs. Pranama, M.Si Kepala Bidang Kesejahteraan Rakyat dan Pemerintahan BAPPEDA Kabupaten Sleman menjelaskan peran pemerintah dalam menangani kemiskinan melalui penjaminan kesehatan, PIP, dan KKS. Program dari pemerintah juga perlu adanya kesadaran masyarakat dalam rangka penanggulangan kemiskinan agar dapat sejahtera diharapkan agar meningkatkan inisiasi hidup sehat, diantaranya dengan bisa mengatur pola hidup, mengatur waktu, dan secara efesien serta efektif dalam mengatur pendapatannya.

Kegiatan serupa sudah dilaksanakan di Desa Umbulharjo tanggal 19 Februari, Desa Argomulyo tanggal 21 Februari, Desa Glagaharjo 22 Februari, dan akan dilakukan lagi dibeberapa Padukuhan Kecamatan Depok pada bulan Maret 2018.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Dinas Sosial

Dinas Sosial

Artikel ini dibuat oleh segenap karyawan dinas sosial

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

unnamed

INSPIRASI.

media untuk mendapatkan ilham, ide, atau gagasan yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan.
Open chat
1
Haloo 👋🏻👋🏻👋🏻
Ada yang bisa kami bantu?
Powered by