Optimalisasi Peran Dan Fungsi Lembaga Kesejahteraan Sosial

Dinas Sosial Kabupaten Sleman, Senin (6/11/2017). Bertempat di lantai 3 Dinas Sosial Kabupaten Sleman dalam kegiatan Forum Komunikasi Panti Asuhan (FORKAPA) hari Senin 6 November 2017 telah dilaksanakan kegiatan peningkatan manajemen pengelolaan LKS/LKSA. Tujuan dari pada kegiatan tersebut agar peran dan fungsi LKS/LKSA menjadi lebih optimal dan profesional dalam menangani Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS), demikian kata sambutan Ir. Suparmono,MM Kabid Pemberdayaan dan Kelembagaan Sosial mewakili Kepala Dinas Sosial.

Jazim Sumirat, S.H., M.Si Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil selaku narasumber menyampaikan materi tentang Administrasi Penduduk Rentan Dalam Panti Sosial dan materi kedua tentang Jaring Pengaman Sosial (JPS) oleh Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial. Dalam paparannya Jazim menyampaikan bagaimana permasalahan kependudukan dan konsekuensinya. “Dalam kepengurusan Akte Kelahiran, jika tidak mempunyai Surat Keterangan Kelahiran dari Bidan atau Rumah Sakit atau dari Desa maka bisa memakai Surat Pernyataan Tanggung Jawab Mutlak (SPTJM)”, demikian imbuhnya.

Sigit Indarto, SE, M.Si selaku Kepala Bidang Perlindungan dan Jaminan Sosial di Dinas Sosial Kabupaten Sleman memaparkan bahwa Pemerintah Kabupaten Sleman dalam salah satu upaya memberikan jaminaan pelayanan sosial ada program kegiatan Jaring Pengaman Sosial. Kegiatan ini merupakan kegiatan solutif dalam penanganan Sistem Layanan dan Rujukan Terpadu (SLRT). SLRT ini merupakan suatu sistem pelayanan yang dikembangkan di Kabupaten Sleman untuk membantu mengidentifikasi kebutuhan dan keluhan masyarakat miskin dan rentan miskin, melakukan rujukan, dan menghubungkan mereka dengan program dan layanan yang dikelola oleh pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten sesuai dengan kebutuhan mereka serta memantau penanganan keluhan untuk memastikan bahwa keluhan-keluhan tersebut ditangani dengan baik. “Sampai dengan bulan Oktober 2017 SLRT Kabupaten Sleman sudah melayani pengaduan masyarakat sebanyak 16.277 pengaduan”. demikian tambah Sigit.

Dalam kegiatan peningkatan manajemen pengelolaan LKS/LKSA tersebut, Elviana Laso selaku Kepala Seksi Kelembagaan Sosial menyampaikan formulir Laporan pemanfaatan bantuan subsidi dasar kebutuhan anak di Panti Sosial dari APBD Kab Sleman untuk 31 panti dengan bantuan masing-masing panti sebesar 7 (tujuh) juta rupiah. “Bantuan tersebut sudah diberikan pada waktu kegiatan pemberian bantuan sosial kepada Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS) dan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) pada hari Rabu tanggal 4 Oktober 2017 bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman”, imbuh Elvi.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on pinterest
Pinterest
Dinas Sosial

Dinas Sosial

Artikel ini dibuat oleh segenap karyawan dinas sosial

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

unnamed

INSPIRASI.

media untuk mendapatkan ilham, ide, atau gagasan yang dapat menambah semangat dalam mencapai tujuan yang diharapkan.